Struktur Organisasi

Struktur Organisasi 2016

Sistem tata pamong Departemen Radiologi FK UGM tercermin dalam struktur organisasi dan mekanisme kerja di Departemen Radiologi FK UGM sebagai bagian yang tidak terpisahkan dengan FK UGM. Departemen Radiologi FK UGM mengikuti struktur organisasi dan mekanisme yang sudah menjadi kesepakatan bersama (berdasarkan peraturan-peraturan yang dibuat melalui senat dan rapat pimpinan, dalam lingkup fakultas maupun universitas). Sistem dan pelaksanaan tata pamong pada Departemen Radiologi FK UGM ditentukan berdasarkan rapat pemilihan Kepala Departemen. Kepala Departemen kemudian menentukan susunan struktur jabatan yang akan dibentuk. Setelah itu, Kepala Departemen membuat surat kepada Dekan untuk pembuatan surat keputusan.

Struktur organisasi pada Departemen Radiologi FK UGM terdiri atas :
1. Kepala Departemen
2. Sekretaris Departemen
3. Bendahara Departemen
4. Ketua Program Studi (KPS)
5. Sekretaris Program Studi (SPS)
6. Koordinator Jaminan Mutu (Quality Assurance)
7. Koordinator Pendidikan S1 dan Profesi (Kodik)
8. Koordinator Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
9. Koordinator dari masing-masing Subdivisi

Sistem dan pelaksanaan pendidikan bagi peserta PPDS dilaksanakan oleh KPS dan SPS dibawah koordinasi Kepala Departemen Radiologi.

Departemen Radiologi FK UGM mengikuti peraturan-peraturan lain yang dibuat di tingkat fakultas dan universitas, seperti etika dosen, etika mahasiswa, etika tenaga kependidikan, sistem penghargaan dan sanksi serta prosedur pelayanan. Setiap dosen di Departemen Radiologi FK UGM memiliki kesempatan yang sama untuk menjadi KPS Radiologi, sepanjang dosen tersebut memiliki kredibilitas yang baik, serta memenuhi syarat dan kriteria yang telah ditetapkan. Hal penting yang harus diperhatikan adalah calon KPS Radiologi harus memiliki etika yang baik, kredibel dan bertanggung jawab.

Pemilihan Kepala Departemen dilakukan secara transparan oleh pimpinan fakultas setelah mendapat masukan dari departemen. Setiap usulan yang disampaikan oleh departemen diperlakukan sama dan dinilai dengan kriteria penilaian yang sama. Penilaian tersebut berdasarkan bukti-bukti yang diusulkan dan dapat dipertanggungjawabkan.

Dalam upaya menciptakan pengelolaan yang terstruktur dan sistematis, serta memastikan koordinasi antar personal dan/atau komponen organisasi, maka dibentuk suatu sistem tata pamong yang dapat dilaksanakan oleh seluruh sivitas akademika Departemen Radiologi FK UGM. Sistem tersebut akan memastikan kinerja setiap sivitas akademika berjalan efektif, efisien dan optimal. Pelaksanaan sistem tata pamong mengikuti prinsip-prinsip demokrasi dalam pengambilan keputusan.

Kebijakan di tingkat Departemen Radiologi FK UGM didasarkan pada hasil rapat antara dosen dan tenaga kependidikan Departemen Radiologi FK UGM, kemudian hasil tersebut dikoordinasikan dengan KPS untuk disosialisasikan kepada mahasiswa PPDS.